logo SNHC brand sonya natural holistic centre

Terapi Jerawat dengan Akupunktur

Jerawat
     Merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang bisa menyerang siapa saja, terutama remaja. Berdasarkan penelitian medis, jerawat merupakan kelainan pada folikel rambut kelenjar sebaceous alias kelenjar minyak. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya populasi bakteri di kulit yang menyebabkan terjadinya infeksi dan peradangan kulit. Inilah yang dalam gambaran klinis disebut komedo, papul, postul, nodul dan kista.
     Pada dasarnya, jerawat bisa timbul di kulit bagian tubuh manapun, seperti leher, dada dan punggung. Namun, umumnya kelainan ini ditemukan di kulit wajah. Selain kelainan tersebut, ada beberapa penyebab timbulnya jerawat. Di antaranya produksi kelenjar minyak berlebih, penggunaan produk kosmetik, kebersihan kulit yang kurang terjaga, faktor keturunan, hingga stress. Selain itu, perubahan hormonal yang biasanya terjadi pada masa puber, menstruasi, kehamilan, hingga terapi hormon juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.
     Dari sudut pandang teori pengobatan akupunktur, jerawat kerap dikaitkan dengan panas dan kelembapan yang mempengaruhi paru-paru, lambung dan limpa. Paru-paru bertanggung jawab untuk mengatur pembukaan dan penutupan pori-pori. Apabila fungsi Qi (energi) paru kurang baik, maka panas dan kelembapan tidak dapat dikeluarkan melalui pori-pori dan terakumulasi dalam tubuh. Inilah yang memicu timbulnya jerawat.
     Lambung secara alami cenderung hangat dan membantu dalam pencernaan makanan. Namun, kecenderungan hangat ini akan menjadi panas dan lembap terutama jika banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula, susu dan produk olahannya. Hal ini juga menjadi faktor risiko timbulnya jerawat.
     Limpa juga berperan dalam proses pencernaan. Ketika pencernaan bekerja dengan baik dan harmonis, maka tubuh menghasilkan banyak energi dan mampu menyingkirkan kelembapan dalam tubuh. Jika limpa tidak bekerja dengan baik, kelembapan dapat menumpuk dan menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.
     Selain itu, defisiensi Yin berakibat pada kurangnya cairan tubuh hingga sirkulasi menjadi lambat sehingga kelembapan semakin parah. Pada kaum hawa, jerawat menjadi lebih buruk ketika menstruasi. Hal ini terkait dengan Qi dan darah. Qi mengalir di seluruh saluran tubuh. Perubahan emosi seperti stres, frustrasi dan marah dapat menyebabkan aliran Qi terhambat. Umumnya, jerawat dan masalah kulit lainnya yang terjadi kala menstruasi disebabkan oleh stagnasi Qi dan darah.
     Itu sebabnya, diperlukan terapi Akupunktur yang bertujuan untuk menghilangkan panas dan lembap di dalam tubuh, serta meningkatkan fungsi organ paru, lambung dan limpa untuk mengeliminasi panas dan lembap. Selain itu Akupunktur juga bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi Qi dan darah. Terapi dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu yang rutin dilakukan selama 3 bulan. Pascaterapi akan dilakukan evaluasi, apakah terapi lebih lanjut dapat dilanjutkan.

Perawatan Kulit Berjerawat
     Menjaga kebersihan kulit wajah adalah syarat utama dalam mencegah timbulnya jerawat. Bersihkan kulit wajah minimal 2 kali sehari, pagi dan malam. Terutama sehabis mengaplikasikan kosmetik pada wajah. Banyak penderita jerawat menggunakan riasan wajah tebal untuk menutupi jerawat. Hal ini, sebisa mungkin dihindari karena dapat menyumbat pori-pori.
     Namun, baiknya juga menghindari mencuci wajah atau melakukan scrub secara berlebihan karena dapat mengikis lapisan kulit wajah dan berbahaya jika terpapar sinar matahari. Kondisi ini dipercaya dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah. Setiap berkeringat sebaiknya bersihkan kulit wajah dengan mandi dan segera keringkan.
     Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 2 liter air putih atau setara dengan delapan gelas per hari. Air dapat menekan jumlah kandungan minyak pada tubuh. Hindari makanan berminyak, karena dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit bertambah. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan kulit.
     Pilihlah kosmetik dan produk perawatan kulit yang berlabel noncomedogenic untuk mencegah timbulnya jerawat. Usahakan untuk menghindari bergonta-ganti produk perawatan kulit. Apabila Anda memiliki rambut berminyak, cucilah rambut setiap hari sehingga tidak terpapa pada kulit wajah.
     Hindari pula memegang wajah saat tangan tidak dalam keadaan bersih ataupun memencet komedo sendiri. Hal ini dapat memperparah kondisi jerawat dan terkadang menimbulkan bekas dalam yang sulit hilang.
     
Salam bugar dan cantik. SNHC


***
Harian Nasional | Minggu, 20 Juli 2014 |

     

Terapi Jerawat dengan Akupunktur di Sonya Natural Holistic Centre

 

Back to News : Page 1    Page 2    Page 3    Page 4