logo SNHC brand sonya natural holistic centre

Jangan Biarkan Stretch Mark Merusak Keindahan Kulit

STRETCH MARK (Striae) merupakan guratan-guratan berwarna kemerahan, kecoklatan, keunguan, maupun putih keabuan di kulit yang sering muncul pada perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong. Dari sisi kesehatan, stretch mark memang tidak beresiko. Namun kehadirannya jelas mengganggu penampilan.
     Penyebab timbulnya guratan tersebut adalah peregangan pada kulit yang melebihi batas elastisitasnya, sehingga menimbulkan kerusakan serat kolagen dan elastin pada jaringan kulit.
     Stretch mark bisa terjadi ketika seseorang mengalami kehamilan. Perubahan kondisi hormon kehamilan dan peregangan dinding perut yang berlebihan menjadi penyebab munculnya guratan pada kulit. Selain itu, pertumbuhan badan yang cepat selama masa pubertas juga sering menjadi biang penyebab stretch mark
     Yang mengalami pertambahan berat badan juga bisa menimbulkan regangan secara fisik pada kulit seiring bertambahnya massa tubuh. Pada orang yang berlatih membentuk tubuh, stretch mark bisa muncul ketika otot bertumbuh akibat latihan sehari-hari yang mengarah pada peregangan kulit.
     Penggunaan obat golongan kortikosteroid -- baik dalam bentuk krim, lotion, maupun obat minum dalam jangka panjang -- potensial pula meningkatkan risiko timbulnya stretch mark pada kulit. Begitu pula beberapa penyakit yang diketahui bisa menimbulkan stretch mark yang luas pada tubuh, seperti cushing maupun sindroma marfan.
     Jika Anda terlanjur memiliki stretch mark dan ingin menghilangkannya, beberapa teknik perawatan berikut bisa ditempuh :

Dermosonic
     Mesin dengan teknik perawatan yang mengkombinasikan ultrasonografi tingkat rendah dan pijatan vakum non-invasif. Terapi vakum memberi efek drainase, sehingga membantu tubuh memperlancar aliran darah dan membuang toksin-toksin di bawah kulit guna memperbaiki penampilan kulit, mengencangkan, serta menyamarkan stretch mark. Dermosonic bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

Derma Roller
     Alat roller dengan jarum sangat halus sehingga bisa mencapai lapisan dalam kulit untuk perbaikan kulit dari dalam. Tindakan ini juga merangsang produksi elastin dan kolagen. Serum yang mengandung vitamin, mineral dan asam amino selanjutnya dioleskan pada permukaan kulit yang telah di-roller untuk merangsang regenerasi sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta memperbaiki sirkulasi darah pada kulit untuk memperbaiki penampilan kulit secra keseluruhan dan menyamarkan stretch mark.

Sellas
     Laser non-ablative yang tidak menyebabkan luka dan tidak memerlukan waktu untuk pemulihan. Alat ini digunakan untuk peremajaan kulit, pengencangan kulit, perawatan bekas luka, hiperpigmentasi dan stretch mark. Biasanya dilakukan kombinasi antara derma roller dan sellas untuk hasil yang lebih baik.

Salam bugar dan cantik. SNHC


***
Harian Nasional | Female and Beauty | 30 Maret 2014


7 TIPS Mencegah Risiko Stretch Mark

Tips Cegah Stretch Mark
1. Minumlah minimal 2 liter air putih sehari. Dengan cairan tubuh yang cukup, kulit akan lebih sehat dan lebih elastis. Kulit kering sangat kurang elastis karena kekurangan kadar air, sehingga lebih rentan terkena stretch mark.

2. Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin A, C, E, protein dan mineral untuk menutrisi kulit dari dalam serta mendorong pertumbuhan jaringan baru serta menyembuhkan jaringan kulit yang rusak.

3. Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan karena bisa menimbulkan dehidrasi yang mempengaruhi kesehatan kulit.

4. Gunakan krim atau lotion khusus untuk mengurangi timbulnya stretch mark, khususnya pada perempuan hamil sebagai tindakan pencegahan.

5. Hindari menggaruk daerah kulit yang terkena stretch mark karena dapat mempengaruhi kondisinya.

6. Hindari penurunan berat badan yang terlalu cepat.

7. Lakukan senam ringan peregangan pada pagi hari.



ilustrasi stretch mark merusak keindahan kulit

 

Back to News : Page 1    Page 2    Page 3    Page 4